Dampak perkembangan IPTEK terhadap kehidupan manusia

Dalam Bidang Ekonomi

Pada saat ini, perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi atau yang disingkat IPTEK mengalami perkembangan yang sangat pesat dan jauh lebih modern dari masa sebelumnya. IPTEK ini berkembang karena didasari oleh kreatifitas akal manusia yang bertujuan untuk mengolah Sumber Daya Alam (SDA) yang diberikan oleh Tuhan. Dalam pengembangannya, harus didasarkan oleh moral dan kemanusiaan yang adil dan beradab.  Hal ini bertujuan agar seluruh masyarakat bisa menerima IPTEK secara keseluruhan. Dan diharapkan agar Sumber Daya Manusia (SDM) bisa lebih baik lagi, karena segala fasilitas dan kemudahan melakukan sesuatu telah didapatkan. Namun, berdasarkan kenyataannya semakin maju teknologinya, membuat masyarakat menjadi malas untuk berusaha karena disebabkan adanya kemudahan-kemudahan tersebut.

 

Perkembangan IPTEK ini pun mempengaruhi kehidupan manusia dari segala bidang. Sebagai contoh pada bidang ekonomi, pengaruh iptek ini terhadap bidang ekonomi memiliki pengaruh yang besar. Dampaknya pun dapat berupa dampak positif dan dampak negatif bagi kehidupan di bidang ekonomi. Dampak positif yang dipengaruhi oleh perkembangan IPTEK adalah semakin tingginya pertumbuhan ekonomi di masyarakat, adanya produktivitas dunia Industri yang semakin meningkat, meningkatnya produktivitas ini dapat dilihat dari aspek teknologi industry ataupun pada aspek jenis produksi.

Selain itu, terjadi persaingan yang sangat ketat di dalam dunia kerja, yang menuntut agar pekerja selalu menambah kemampuan dan pengetahuan yang dimiliki. Berkembangnya teknologi dan ekonomi ini berdampak kepada penyerapan tenaga kerja yang diperlukan. Internet juga bisa bermanfaat untuk banyak orang yang mempunyai hobi berbisnis tetapi dengan cara mudah, yaitu munculnya online shop atau barang-barang yang dijual melalui iklan-iklan yang dipasang di internet. Hal ini mempermudah penjual dan pembeli untuk saling berinteraksi walaupun hanya melalui dunia maya saja.

Namun, ini juga dapat menimbulkan dampak negatif bagi masyarakat di dunia. Karena dengan adanya teknologi yang canggih dan modern ini, maka akan terjadi banyaknya pengangguran tenaga kerja yang tidak memiliki kualifikasi yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Lalu, masyarakat akan menjadi masyarakat yang konsumtif. Hal ini diakibatkan karena adanya persaingan ketat yang melahirkan generasi yang boros. Dan juga banyak orang yang mudah untuk melakukan penipuan-penipuan dengan menggunakan jasa online shop, sehingga banyak masyarakat yang mudah sekali tertipu dengan bisnis di dunia maya ini.

 

Sumber :

http://dirimu.files.wordpress.com/2010/03/ilmu-budaya-dasar.pdf

http://satriabajahikam.blogspot.com/2012/02/peranan-ilmu-pengetahuan-alam-dalam.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s