ANALISA PSIKOTES YANG ADA DI INTERNET

1. Pendahuluan
Pada masa kini yang semakin pesat berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Mulai bermunculan media-media dan profaider yang membantu atau menunjang kebutuhan kita untuk mengakses ke internet salah satunya adalah laptop,handphone android, ipad,modem,wireles dan lain-lain, dengan semakin banyaknya kemudahan-kemudahan untuk mengakses internet,makasemakin banyaknya inovasi-inovasi atau gagasan untuk menciptakan situs pada internet yang memudahkan manusia untuk mengetahui kepribadiannya serta sifatnya dengan adanya tes psikologi secara online.
2. Dasar teori
Psikotes adalah tes untuk mengukur beberpa aspek individu secara psikis, dalam hal ini
Yang di ukur adalah perilaku individu. Alat tes psikotes yang digunakan secara tertulis dan visual. Psikotes itu sendiri diciptakan oleh pakar psikologi untuk menggambarkan kepribadian seseorang. Hal ini mengingat kebutuhan akan kemampuan tertentu dalam sebuah pekerjaan seperti ketelitian, kreativitas dan lain-lain. Tes ini dapat diaplikasikan kepada anak-anak maupun orang dewasa sesuai dengan kebutuhan.
Ada beberapa contoh tes psikologi/psikotes online
1. Tes tanggung jawab.
Tes ini bertujuan untuk meningkatkan mempertanggung jawabkan atau mengambil resiko dalam tindakan dalam mengambil keputusan dalam perusahaan. Contoh soalnya : Ketika muncul suatu masalah dalam pekerjaan yang kebetulan ada kaitannya dengan hal‐hal yang menjadi kewajiban saya, maka saya …
A. Mencari kambing hitam penyebab masalah.
B. Akan bertanggung jawab dan mencari solusinya
C. Membiarkan masalah terus berlangsung.
D. Melihat dahulu, apakah ada pihak lain dalam masalah ini
E. Seharusnya ada orang lain membantunya dalam masalah ini.

2. Tes logika penalaran.

Tips: konsentrasi dalam melihat objeknya.

3. Wartegg test

Tipsnya
: a. Urutan menggambar sebaiknya anda buat kombinasi antara sesuai nomor dan acak. Misalnya 1,2,3,4 kemudian 8,7,6,5. Karena apabila anda menggambar berdasarkan urutan 1,2,3,4,5,6,7,8 anda dipandang HRD sebagai orang yang kaku/konservatif sedangkan apabila anda menggambar secara acak misalnya 5,7,6,8,3,2,4,1 anda akan dipandang HRD sebagai orang yang terlalu kreatif, inovatif dan cenderung suka akan ‘breaking the low‘.

b. Kalau anda bergender lelaki jangan mulai dengan nomor 5, karena beberapa anggapan menyebutkan hal ini berpengaruh terhadap orientasi seks anda.

3 Analisis

Psikotes secara online dengan secara langsung sangat berbeda, Apa bedannya?????.
Ini jawabannya menurut saya psikotes secara online tidak terlalu terpaku oleh waktu dan tidak ada yang mengawasi kita yang membuat kita agak santai mengerjakan soal- soalnya dan hasil sebenarnya bisa menggantikan hasil jawabannya untuk mendapatkan nilai tinggi,. Sedangkan psikotes secara langsung yang saya alami itu sangat-sangat terpaku oleh waktu (contohnya tipe soal menebak gambar 10 menit dan tipe soal-soal selanjutnya berbeda waktunya) yang membuat kita fokus mengerjakan soal-soalnya. Dan untuk menunggu hasil psikotes secara langsung itu membutuhkan beberapa waktu yang lama bisa beberapa hari kemudian malah bisa 2 minggu kemuduian dan hasilnya benar-benar murni yang membuat kita sangat senang dengan kerja kerasnya.

Selain itu psikotes secara online memiliki dampak positif dan negatif yaitu

Dampak positif
– Dapat berlatih soal-soal pskotes yang sudah ada di internet.
– Dapat lancar mengerjakan soal psikotes secara langsung karna sudah berlatih sebelum.
– Mengetahui tipe dan tips dalam mengerjakan soal-soal psikotes
– Hasil nilai tidak memerlukan waktu yang lama

Dampa negatif
– Kalau sudah mengetahui soal atau tips mengerjakan soal psikotes online, bisa membuat kita tidak serius dalam mengerjakan soal-soal psikotes dalam penerimaan karyawan
– Hasil psikotes online tidak sangat rahasia
– Mata akan sakit kalau terlalu lama didepan laptop dalam mengerjakan soal-soal psikotes secara online.

Kesimpulannya psikotes online membantu kita dalam melatih soal-soal psikotes bagi anda yang ikut seleksi cpns ataupun mengikuti seleksi karyawan diamapun perusahaan.

REFERENSI
http://www.surplusindonesia.com/2012/01/pengertian-dan-tujuan-psikotes.html
http://www.tespsikologi.com/tes-ketekunan.php
http://www.kampus-info.com/2012/10/contoh-tes-psikologi.html
http://bursa-kerja.ptkpt.net/_karir.php?_karir=contoh-psikotes-1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s